TK Salman Alfarisi Bekasi

Sejak berhenti kerja di Tumble Tots Kemang dan ikut Kak Awam di Kampung Dongeng Indonesia ternyata sudah banyak TK dan PAUD yang saya kunjungi dan sekarang giliran meng upload foto-foto dokumentasi itu.

Kalau inget moment di TK Salman Alfarisi ada beberapa hal yang membuat saya belajar banyak dari anak-anak disana .

Gambar

Anak-anak akan menyimak apa yang menarik baginya (Ayo Kreatif)

1. Anak-anak selalu ingin tau

Ketika saya selesai mendongeng anak-anak masih duduk manis dan sabar menunggu kelanjutan tentang dongeng yang sudah saya ceritakan, bahkan mereka berharap ada kelanjutan atau sesi ke dua dari dongeng tersebut.

2. Menyukai Hal Baru

Hal baru seperti yel-yel dan Rhyme adalah andalan saya untuk menarik perhatian mereka, tentunya yel-yel dan Rhyme untuk anak-anak seusia mereka harus di sertai gerakan yang menarik agar mereka tepancing untuk ikut melakukan apa yang saya lakukan.

3. Sensitive

Gambar

Saat semut terjerembab di lumpur hidup dan berteriak minta tolong

Anak-anak juga memiliki sensitivias yang tinggi saat mereka mendengarkan dan melihat saya mendongeng, benar kata Kak Awam.

“Suara yang unik akan memperngaruhi mereka”

Saat saya mengeluarkan ekspresi sedih dan di bantu Kak Adul memutarkan sound yang sedih maka anak-anak akan terhanyut dalam kesedihan.

4. Berkomitmen

Pelu kejutan disini bukan hadiah atau kado yang saya siapkan tetapi beberapa kebiasaan yang bisa mengalihkan konsentrasi mereka untuk tetap fokus, ketika mereka sudah tidak fokus dengan spontan saya akan berkata :

” Tepuk satu….”

Maka dengan spontan mereka akan menjawab dengan tepukan sambil bilang “Hu”, hal ini cukup membantu saya untuk mengendalikan mereka, tentu saja ada kesepakatan sebelumnya, sebelum saya melakukan tindakan tersebut.

Ada banyak kecerian dan pembelajaran saat saya berkumpul dengan anak-anak hebat di sekolah TK Salman Alfarisi Bekasi, Terima Kasih Bunda yang sudah memberikan kesempatan kepada saya dan Kampung Dongeng untuk memberikan Dongeng Budi Pekerti

Leave a Reply

