Mendongeng di TK Pandawa

Pagi buta kukumpulkan semangat 45 untuk memenuhi undangan mendongeng di TK Pandawa setelah kemarin seharian menyiapkan dan menyambut kedatangan TK Cikal BSD berserta rombongan, Bunda Yuliana atau yang biasa di panggil Bunda Ana sudah sibuk menyiapkan keperluan Miqdad dan Hilmy, karena kamar saya di lantai 3 saya langsung mandi dan bersiap-siap ke TK Pandawa.

Undangan ke TK Pandawa hari ini bukan yang pertama, anak-anak hebat di TK Pandawa sudah mengenal saya, begitu saya datang saya di sambut dengan puluhan anak yang berebut menyalami tangan saya sampai kualahan, begitu semangatnya murid TK Pandawa menyambut saya memberikan energi baru buat saya untuk kembali bersemangat dan memberikan dongeng kepada mereka.

GambarAir jeruk dan kue sudah tersaji, guru-guru juga tak kalah ikut menyambut saya dan Kak Adul sebenernya saya lebih suka bermain bersama anak-anak dari pada harus menunggu dan duduk manis di ruang guru sambil menikmati kue-kue, bagi saya senyum dan gelak canda anak-anak adalah makanan saya.

Dongengpun di mulai, riuh anak bersemarak memanggil-manggil nama saya, saya hanya terdiam dengan tampang serius mengkondisikan anak-anak agar tetap diam, dan sesuai prediksi riuh anak mulai berubah menjadi senyam melihat muka serius saya.

” Mau cerita …. ” Kata saya pelan

” Mau…mau…” jawab anak-anak hebat dengan lantang

tanpa pikir panjang saya langsung menyemarakan dengan rhyme bulan lalu yang saya ajarkan dan di luar prediksi anak-anak hebat TK Pandawa sudah hafal rhyme yang saya ajarkan yang berjudul “Tepuk Banana”, bahkan saya review dongeng bulan lalupun mereka masih hafal padahal saya sendiri lupa bulan lalu saya dongeng apa, saya mulai berfikir bagaimana kalau proses belajar mengajar PAUD, TK dan SD kelas 1 – 3 Metodenya dongeng pasti mereka tidak akan lupa.

Setelah sejam berlalu saya mendongeng dengan judul “Surat Ami” selesai mereka berteriak meminta saya mendongeng lagi dengan dongeng lain dan tetap bersama mereka padahal sudah 1 jam lebih saya bersama mereka, saya berjanji akan mengunjungi TK Pandawa di lain waktu, saya pun mengundang mereka untuk datang ke Kampung Dongeng  tanggal 3 Maret 2013 untuj menghadiri acara “KaDo Awal Pekan Ceria ” untuk berbagi ke  ceriaan bersama dan mendengarkan dongeng budi pekerti.

Salam hangat

Ale Heman

Leave a Reply

